Angka Harapan Lama Sekolah

Harapan Lama Sekolah didefinisikan lamanya sekolah (dalam tahun) yang diharapkan akan dirasakan oleh anak pada umur tertentu di masa mendatang. Diasumsikan bahwa peluang anak tersebut akan tetap bersekolah pada umur-umur berikutnya sama dengan peluang penduduk yang bersekolah per jumlah penduduk untuk umur yang sama saat ini.
Harapan Lama Sekolah dihitung untuk penduduk berusia 7 tahun ke atas. HLS dapat digunakan untuk mengetahui kondisi pembangunan sistem pendidikan di berbagai jenjang yang ditunjukkan dalam bentuk lamanya pendidikan (dalam tahun) yang diharapkan dapat dicapai oleh setiap anak.
(HLS) KALSEL Pada Tahun 2017 sebesar 12,46% dan NASIONAL Pada Tahun 2017 adalah 12,85%, KALSEL berada dibawah NASIONAL, KALSEL kurang 0,39% dibanding NASIONAL. Jadi kita harus meningkatkan setidaknya sebanyak 0,40% agar melebihi (HLS) NASIONAL, (HLS) Kab. Kota. Prov Kalsel pada Tahun 2017 yang tertinggi diperoleh Kota Banjarbaru yaitu sebesar 14,78% dan yang terendah adalah Kabupaten Tapin yaitu 11.52%.