About

Kalsel Satu Data adalah portal data terpadu Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang menyajikan data-data dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Kalimantan Selatan. Kalsel Satu Data lahir sebagai cita-cita Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengembangkan Provinsi Kalimantan Selatan sebagai provinsi yang transparan, akuntabel, partisipatif, dan inovatif. Kalsel Satu Data menyediakan data dalam format terbuka dan mudah diakses serta digunakan kembali, dengan tujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah bersamaan dengan mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan Provinsi Kalimantan Selatan.


Pemanfaatan data – data ini tidak terbatas pada penggunaan internal pemerintah tetapi juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data bagi masyarakat publik. Kami menyediakan data dalam format yang mudah dicari, diakses serta digunakan dengan harapan masyarakat Kalimantan Selatan dan seluruh pengguna portal dapat memanfaatkan data yang tersedia di sini seluas-luasnya dan se inovatif mungkin demi terwujudnya Provinsi Kalimantan Selatan yang lebih baik.


Harapannya, Kalsel Satu Data dapat menunjang gerakan dan pembangunan Provinsi Kalimantan Selatan yang lebih baik diantaranya Smart City dan E-Government. Sesuai dengan Undang-Undang, maka seluruh dataset/kumpulan data yang disajikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam Portal Data Publik dapat dikategorikan sebagai domain publik, sehingga data yang tersaji tidak diperkenankan mengandung informasi yang mengandung rahasia negara, rahasia pribadi atau hal-hal lainnya yang telah diatur dalam Undang-Undang tersebut.